Subbagian Tata Usaha

Subbag TU Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi

295
PG Dikdas - Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar melalui Subbagian Tata Usaha menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi.  Kegiatan berfokus pada pengolahan data menggunakan program Microsoft Excel ini digelar di Hotel Merapi Merbabu Bekasi pada Oktober 2019 lalu.

Kegiatan tersebut diikuti oleh pegawai dari perwakilan setiap Subdirektorat. Melalui kegiatan ini diharapkan pegawai dapat meningkatkan kemampuan serta kompetensinya dalam hal memproses data dan informasi, efisiensi dalam proses  penyusunan laporan serta keterampilan dalam mengoperasikan program Microsotf Excel.

Kegiatan Bimtek ini dinilai perlu dilakukan. Pasalnya, di era revolusi industri 4.0 saat ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai bagian dari sumber daya manusia, dituntut untuk lebih meningkatkan kompetensinya dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan perilaku. ASN kini harus memiliki kemampuan teknologi yang lebih mumpuni agar dapat mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, yaitu pelayanan yang lebih cepat, akurat, dan efisien. Ada pun produk  teknologi yang sering digunakan oleh ASN dalam pekerjaan sehari-hari adalah program Microsoft Office, salah satunya Microsoft Excel.

Microsoft Excel sangat membantu ASN dalam aktivitas pengolahan data dan pelaporan. Program ini dilengkapi dengan fitur kalkulasi, pembuatan grafik, serta fitur pengolah angka dengan berbagai formulasi untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi manajemen data, dan pembuatan data. Microsoft Excel juga sangat bermanfaat untuk kegiatan pelaporan guna pengambilan keputusan.

Recomended

Comments