Berita

Sekolah Penggerak Akan Menjadi Pemimpin Gerakan Belajar di Masing-masing Daerah

62
GTK Dikdas – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program Organisasi Penggerak, hal tersebut merupakan paket kebijakan Merdeka Belajar Episode Keempat. Organisasi yang sudah terdaftar dalam Komunitas Penggerak memiliki peluang untuk berpartisipasi dalam Program Organisasi Penggerak. Program ini akan mendorong hadirnya Sekolah Penggerak yang berkelanjutan dengan melibatkan peran serta organisasi. Fokus utamanya adalah peningkatan kualitas guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

“Sekolah penggerak inilah yang mau apa pun kebijakan yang terjadi dari Kemendikbud mereka akan menjadi pemimpin gerakan belajar di masing-masing daerah, mereka jadi mercusuar, jadi pusat pelatihan, jadi inspirasi bagi guru dan kepala sekolah lainnya,” kata Mendikbud Nadiem di Kantor Kemendikbud, Selasa (10/3/2020).

Akan tetapi, untuk menuju hal tersebut, Nadiem membutuhkan ribuan sekolah penggerak agar program yang dicanangkan tersebut dapat berjalan, minimal selama 4 tahun ke depan.

“Kita akan menargetkan 50.000 guru, kepala sekolah dan tenaga pendidikan di dalam 5.000 sekolah, mulai dari PAUD, SD, dan SMP untuk mensukseskan program ini,” tutur Nadiem.

Recomended

Comments