Berita

Hal yang Sebaiknya Diketahui Oleh Relawan Penggerak

203
GTK Dikdas - Komunitas Penggerak merupakan wujud komitmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan untuk mewujudkan pendidikan terbaik bagi seluruh siswa Indonesia. Komunitas Penggerak berisikan Organisasi Penggerak dan Relawan Penggerak yang peduli terhadap pendidikan di Indonesia. Kemendikbud mengajak semua organisasi dan relawan untuk bergotong royong menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran, Anda dapat bergabung melalui website https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/ baik sebagai Organisasi Penggerak maupun Relawan Penggerak.

Relawan penggerak adalah siapa saja yang ingin berpartisipasi dalam program ini dan bersedia direkrut oleh Organisasi Penggerak dan/atau Kemendikbud untuk mendukung pelaksanaan Program Organisasi Penggerak (POP), termasuk guru. Kebutuhan kualifikasi relawan bergantung pada program yang dilaksanakan Organisasi Penggerak di wilayah sasarannya.

Bidang yang ditawarkan untuk relawan yaitu:

  1. Konsultan Ahli;
  2. Narasumber/Instruktur
  3. Publikasi Media
  4. Fasilitator/Mentor;
  5. Teknisi/Ahli IT;
  6. Fotografer;
  7. Videografer;
  8. Reporter;
  9. Penulis Modul Pembelajaran;
  10. Manajemen Proyek;
  11. Peneliti, dan;
  12. Jaminan Mutu.
 

Relawan harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dikarenakan hal ini berpengaruh pada potongan pajak yang dikenakan jika relawan tersebut berpartisipasi dalam program.

Relawan sebaiknya memilih wilayah yang memungkinkan untuk dijangkau dari domisilinya saat ini. Jika ada relawan yang berkenan untuk menjangkau daerah yang jauh dari domisilinya, maka pertimbangan diserahkan kepada pribadi relawan.

Lalu apa yang dapat dilakukan relawan setelah mendaftar? Relawan akan dihubungi oleh Organisasi Penggerak dan/atau Kemendikbud sesuai dengan wilayah sasaran program. Kebutuhan jenis dukungan dan kualifikasi relawan bergantung pada kebutuhan setiap program. Organisasi dan/atau Kemendikbud tentunya akan menyeleksi relawan yang akan diajak berpartisipasi dalam program ini.

Recomended

Comments