Home » Subdirektorat Program dan Evaluasi » Berikan Keteladanan dan Teruslah Inspiratif

Berikan Keteladanan dan Teruslah Inspiratif

125
Views
Whatsapp
PG Dikdas, Singkawang – Menjadi guru tak sekadar memberikan materi pelajaran, melainkan juga memberikan keteladanan.

“Ketika kalian mengajar nanti di daerah 3T, tunjukkan keteladanan. Lakukan dari hal yang terlihat sederhana seperti kebersihan sekolah. Apakah ruang kelasnya sudah bersih? Apakah toiletnya sudah bersih? Kalian sebagai TNI berikan keteladanan dalam perilaku,” kata narasumber Kepanduan, Suparman di Yonif Raider 641/Beruang di Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (8/11/2019).

Keteladanan merupakan buah dari Penguatan Pendidikan Karakter.

“Hal tersebut sejalan dengan apa yang diinginkan Mendikbud Nadiem Makarim, bahwa penekanannya pada kompetensi dan karakter,” ujar Suparman yang berkiprah di Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Sementara itu narasumber Kepanduan, Dudung Dulpikar berharap para personel TNI AD Yonif Raider 641/Beruang akan kreatif ketika nanti ditugaskan di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat.

“Kalau pembinanya kreatif, saya yakin yang di perbatasan tidak ketinggalan,” ungkap Dudung.

Dudung pun berpendapat ada irisan semangat antara gerakan kepramukaan dan tentara yakni kreativitas ketika menghadapi masalah di lapangan. Dengan bekal seadanya, baik pramuka dan tentara dapat survive. Pun begitu harapan digantungkan ketika nantinya para tentara ini mengajar peserta didik usia SD dan SMP di daerah 3T.

Previous post

Mengenal Perbedaan Siaga dan Penggalang

Next post

Menggunakan Pendekatan Sederhana dan Konkret

No Comment

Leave a reply